22 Januari 2019 9:47 am

7 Tips Travelling Hemat dan Praktis


Barang praktis untuk dibawa travelling. source: instagram @gumun.id
Barang praktis untuk dibawa travelling. source: instagram @gumun.id
Mau Traveling dengan Budget Terbatas?

Dewasa ini, travelling bak menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat urban yang merasa penat dengan rutinitas pekerjaan. Saat waktu libur tiba apa yang anda pikirkan pertama kali? Mengisi waktu dengan berolahraga, bermalas-malasan dirumah saja atau pergi travelling? Bagi Kamu yang sudah memiliki rencana travelling, tentunya pada saat long weekend atau ketika ada tanggal merah yang jaraknya berdekatan dengan weekend merupakan waktu yang pas untuk berlibur, karena semakin lama kamu travelling akan semakin merasa menemukan energi baru. Betul enggak? hehe.

Rata-rata orang akan memilih liburan untuk mengisi waktu liburnya, akan tetapi yang sering menjadikannya kendala adalah budgeting atau dana yang harus disiapkan. Tidak banyak yang mengetahui bahwa sebenarnya traveling dapat dilakukan dengan anggaran dana yang terbatas lho. Namun bukan berarti tanpa persiapan juga ya, setidaknya kamu harus mempersiapkan atau mengalokasikan ongkos dan biaya sesuai dengan income ataupun gaji yang kamu dapatkan. Karena tak jarang kita gagal travelling disebabkan oleh keragu-raguan soal biaya

Bahkan sebagian orang berpendapat bahwa travelling hanyalah untuk mereka yang memiliki uang lebih saja. Berbeda dengan pola pikir di atas, faktanya travelling tetap dapat dilakukan meskipun kita memiliki anggaran yang minim. Nah untuk yang sudah punya tujuan travelling atau masih hitung-hitungan biaya travelling, ada 7 cara travelling hemat yang bisa Anda praktikkan dengan mlakukan penghematan dengan beberapa trik dibawah ini.

7 Tips Travelling Hemat

Siapa sih yang tidak ingin biaya travelling-nya murah dan lebih hemat? Yuk Ikuti 7 tips travelling hemat ini agar travelling Anda lebih bahagia.


1. Cari Informasi Sebanyak-banyaknya Tentang Rute dan Tujuan

Adanya kemajuan teknologi dewasa ini sangat memudahkan segala urusan manusia. Salah satunya adalah aplikasi yang dapat membantu Kamu saat melakukan perjalanan travelling. Dengan mudah, Kamu dapat mencari dan menemukan rute perjalanan terdekat, terlancar bahkan paling padat untuk menuju lokasi travelling, barangkali kamu suka kemacetan hehehe.. termasuk pun mendapatkan informasi rest area untuk sekedar beristirahat, makan, ibadah dan ke toilet saat melakukan travelling dan aktivitas lain sebagainya. Banyak aplikasi yang bisa digunakan, seperti Google Maps, Waze, GPS dan lain sebagainya. Hanya saja untuk menggunakan aplikasi ini kamu harus menyediakan baterai, data internet, dan jaringan internet yang baik saat travelling

Persiapan diatas akan sangat membantumu memaksimalkan perjalanan travelling. Tanpa persiapan rute dan time schedule, bisa jadi akan menjadi tidak efisien waktu karena kemungkinan kamu akan nyasar dan tidak fokus lagi pada alokasi waktu sehingga tidak semua agenda travelling dapat terkunjungi secara lengkap sesuai rencana sebelumnya. Amat disayangkan jika kamu sudah mengalokasikan biaya yang lumayan besar, bahkan sampai ambil cuti panjang, namun tidak semua lokasi wisata yang kamu inginkan dan tentukan batal dikunjungi.Alasan klasik nan klise muncul. Waktunya kurang panjang! hehee..


2. Bawa barang secukupnya

Urusan bawa barang ringkas bagi yang hobi travelling atau suka backpacker tentu sudah langsung paham. Bagi yang belum paham, kamu harus belajar untuk praktis dan simpel, supaya nanti tidak repot saat travelling. Nah untuk perempuan agar lebih aware hal ini, ingin tampil modis biasanya membuat kamu packing banyak baju dan barang agar selalu tampil cantik di depan kamera tapi malah biking capek pas bawanya hehehe

Agar ringkas barang-barang yang dibawa contohnya adalah Tas ransel, sepatu kets, atau sepatu yang bisa dilipat, sikat gigi yang bisa dilipat satu kotak dengan pasta gigi, atau sabun yang bahannya seperti kertas merupakan contoh barang ringkas yang cocok buat travelling. Hindari bawa tas yang ditarik ada rodanya (koper), walaupun bawa anak kecil, kurang praktis dan ribet kalau lagi buru-buru.

Untuk perlengkapan mandi ada baiknya gunakan peralatan yang serba sachet untuk memudahkan. Perlengkapan tersebut tidak sayang untuk kamu tinggalkan, alih-alih jika kamu kelupaan. Nah untuk handuk, kamu lebih baik gunakan kimono yang lebih multi fungsi. Jangan lupa nih yang penting, bekal kemasan air minum yang bisa diisi ulang, seperti termos kecil atau tumbler plastik. Percaya atau tidak, harga minuman akan meningkat drastis di tempat liburan. Sangat boros terlebih jika Anda travelling ke tempat panas.

3. Cari Informasi Lokasi Yang Sedang Tren

Sebelum pergi, wajib hukumnya untuk kita searching terlebih dahulu lokasi yang sedang jadi tren di destinasi yang akan kita kunjungi, seperti tempat kulinernya, wisata alamnya, dan segala macam yang unik dan khas dari daerah tersebut. Hal ini bertujuan untuk menjadi rancangan anggaran biaya yang sekiranya harus dikeluarkan saat melakukan travelling. Mudah sekali saat ini sudah untuk dapat perkiraan biaya yang dibutuhkan, sudah banyak aplikasi untuk cek tren tujuan wisata yang sedang berkembang.

Salah satu contohnya: jika Anda ingin merasakan serunya volcane jeep di lereng gunung Merapi Yogyakarta, mengunjungi kawah Gunung Bromo atau Tempat asik di Ubud Bali. Coba saja cek dan bandingkan tarif, harga resmi transportasi serta pernak pernik aksesoris produk lokal di sana yang sedang tren, upaya ini akan membuat biaya travelling Anda lebih hemat dan terukur. Jika kamu akan pergi dengan pasangan atau keluarga, ada baiknya juga melibatkan mereka dalam membandingkan untuk mendapatkan harga yang lebih variatif.

4. Travelling Asyik Bersama

Disela kepenatan kerja, saat ini sudah sering ditemukan acara family gathering, jenis travelling bersama ini jelas sangat menguntungkan, terlebih jika kantor yang tanggung semua biaya perjalanannya, sambal menyelam minum air hehee. Manfaatkan acara travelling bareng seperti ini untuk kebersamaan dengan keluarga dan teman sejawat. Tak ada salahnya usulan tujuan wisata dibahas bersama agar bisa mengakomodasi keinginan sebagian besar peserta travelling. Selain hemat biaya karena bisa share budget, family gathering juga mudah dalam mengunjungi lokasi tujuan wisata karena biasanya menggunakan tour guide yang akan membantu menunjukkan destinasi travelling kita agar tidak buang-buang waktu.

5. Persiapkan Rencana Darurat

Serapi apapun perencanaan travelling yang kita buat, terkadang ada saja hal yang membuat rencana tidak sesuai, apalagi jika agenda travelling terhambat dengan cuaca yang tidak bersahabat atau kondisi alam yang tidak memungkinkan. Misalkan, saat kamu merencanakan berwisata ke sebuah pulau yang harus meyeberang dengan kapal, ternyata saat akan kembali cuaca tidak ideal karena ombak besar atau badai sehingga kamu harus memperpanjang hari dengan menginap. Hal ini diluar dari agenda dan perncanaan dana yang sudah kamu buat, ada baiknya dalam budgeting diperhitungkan biaya cadangan untuk kondisi darurat

Jika mengalami kondisi seperti ini, sebelum berangkat baiknya kamu siapkan plan A, B, C jika perlu sampai D. Saat terjadi kendala, eksekusi keputusan bisa cepat dilakukan. Jika tidak biaya jadi membengkak karena di luar prediksi awal.


6. Tetap Modis dan Eksis

Modis tidak harus mahal. Jika ingin hemat hindari beli pakaian atau aksesoris di lokasi wisata yang tidak punya ciri khas tempat tersebut. Membeli produk di lokasi wisata tentu lebih mahal dibandingkan dengan membelinya di luar tempat wisata. Untuk mengabadikan momen, sekarang kamu tidak perlu lagi sediakan biaya khusus untuk beli kamera professional karena saat ini smartphone sudah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih dan aplikasi edit foto pun telah banyak sekali mudah di dapatkan di playstore atau appstore.

Toh smartphone saat ini justru lebih praktis, habis jepret langsung bisa share ke media sosial, seperti Facebook atau Instagram. Habis itu, tunggu saja like dan komen yang muncul, yuhhuu!


7. Jangan Lupa Untuk Beribadah

Poin terakhir ini sebenarnya poin utama yang paling penting, karena ibadah wajib hukumnya untuk kita sebagai manusia yang beradab. Apapun agamanya ada baiknya ketika mengunjungi tempat wisata, kamu juga mempelajari sejarah tempat tersebut bersama dengan demografinya dan kunjungi juga tempat-tempat peribadahan yang ada.

Bagi Umat Muslim agar senantiasa membawa sajadah dan mukena untuk yang perempuan agar ketika waktu shalat tiba kamu dapat segera menunaikan ibadah. Bawa sajadah yang paling praktis untuk dibawa yaitu sajadah travel untuk para traveler. Info detilnya cek di www.gumun.id di situs ini kamu akan dapat menemukan sajadah seukuran saku yang simple dan direkomendasi dari para musim traveler.

Nah, asyik bukan? Travelling ternyata tidak semahal yang dibayangkan. Semoga rencana liburanmu bersama keluarga atau bareng teman-teman segera terlaksana. Happy travelling everyone, semoga travelling mu makin menyenangkan dengan 7 cara travelling hemat ini.
Blog Post Lainnya
Tips Perjalanan Untuk Muslim Travelers. Liburan merupakan hari yang ditunggu-tunggu bagi kebanyakan orang, karena di waktu inilah kita dapat meluangkan waktu sejenak untuk melupakan segala rutinitas dan kepenatan dari rutinitas setiap
Alamat
087834449043
gumun.id@gmail.com
Kotagede, Yogyakarta
@2020 Gumun Store Inc.