4 Februari 2019 11:33 am

Fenomena Hijrah

Fenomena Hijrah
Beberapa waktu terakhir, di jagat sosial media semakin banyak bermunculan informasi tentang hijrah, Fenomena Hijrah terlihat dari perbedaan pemandangan di tempat-tempat pengajian, dimana dulu di dominasi oleh orang-orang tua saat ini pengajian sunnah lebih di dominasi oleh kaum pemuda dan pemudi. Jika zaman dulu ustadz yang dikenal lebih dengan gaya penyampaian kaku untuk saat ini ustadz yang populer karena gaya penyampaiaannya yang modern dengan penampian mengikuti trend anak muda, sebagai contohnya adalah ustadz Hanan Ataki ketika menyampaikan tausiyah tentang dunia islam. Hal ini tentu sangat membanggakan untuk kita sebagai umat muslim di tengah banyaknya distorsi hiburan dan gaya hidup yang tidak sesuai dengan nilai-nilai agama islam dari dunia entertainment dan media lainnya.

Hijrah, Apakah Pengertian Hijrah? Hijrah sendiri berasal dari bahasa Arab yang mempunyai arti meninggalkan, menjauhkan dari dan berpindah tempat'. Dalam hal sejarah masa Rasulullah, hijrah adalah suatu proses perpindahan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW bersama para sahabat Nabi dari Makkah ke Madinah, untuk tujuan menegakkan dan mempertahankan agama Islam, sebuah risalah Allah yang berupa akidah dan syariat Islam. Jagat hiburan pun serasa tidak ingin ketinggalan dengan pergerakan umat muslim untuk kembali ke jalan kebenaran sesuai dengan tuntunan Al-Quran dan hadist.

Dengan mulai diramaikan banyaknya selebriti yang sekarang tampil lebih religius dan tertarik mendalami ilmu agama. Hal ini dimulai dari banyaknya artis, model, influencer dan deretan selebriti yang dulunya sering tampil seksi di depan kamera maupun di dalam kesehariannya, kini memilih untuk menggunakan pakaian syar’I atau menggunakan hijab dan menutup semua auratnya. Keseriusan untuk mendalami ilmu agama bahkan membuat beberapa selebriti ini memilih untuk meninggalkan dunia hiburan, dan berfokus untuk hijrah. Kegiatan yang mereka lakukan sendiri cukup beragam, seperti rutinnya mengikuti ceramah agama, membuat event kajian hijrah, mengikuti aksi kemanusiaan bahkan membuat expo tentang hijrah yang saat ini ramai diperbincangkan yaitu ‘Hijrah Fest” dimana Arie Untung sebagai penggagas sekaligus foundernya.

Para selebriti ini tergabung dalam satu komunitas pengajian yang sama yaitu komunitas Pengajian Muda Sakinah Mawaddah Warahmah atau yang sering dikenal sekarang sebagai kajian MuSaWaRah. Beberapa selebriti yang tergabung dalam komunitas ini yaitu Teuku Wisnu, Shireen Sungkar, Jihan Fahira, Primus, Mario Irwinsyah, Arie Untung, Fenita Arie, Ricky Harun, Ifan Seventeen, Dimas Seto, Dhini Aminarti, Tommy Kurniawan, Virgoun, Sahrul Gunawan, Babe Cabita, Dude Harlino, Alyssa Soebandono, Tika Ramlan, dan masih banyak lagi di dalamnya beberapa diantaranya adalah selebriti yang lintas usia dan generasi. Komunitas ini ternyata menjadi wadah para selebriti bertukar pikiran, berbagi ilmu, hingga melakukan kegiatan agama bersama ustaz dan ustazah ternama, misalnya Ustadz Abdul Somad, Ustad Bachtiar Nasir, Ustadz Adi Hidayat dan lain-lain. Untuk kegiatan yang di lakukan bersifat rutin dan terbuka untuk siapapun yang ingin bergabung dalam jalan
kebaikan.

Dalam satu kesempatan salah satu selebritis yang tergabung dalam kajian MuSaWaRah yaitu Dimas Seto ketika menanggapi pertanyaan apakah saat ini hijrah hanyalah sebuah gaya hidup sementara, dia menjelaskan bahwa berhijrah adalah pilihan hidup untuk kembali ke jalan kebaikan agar dalam hidup di dunia menjadi lebih baik sampai akhir hayat.

Yuk selalu ingat Allah dimanapun dan senantiasa memperbaiki hidup kita menjadi lebih baik, Gunakan Gumun Sajadah Travel agar kita bisa sholat dimanapun ketika bepergian.
Blog Post Lainnya
7 Tips Travelling Hemat dan Praktis. Mau Traveling dengan Budget Terbatas? Dewasa ini, travelling bak menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat urban yang merasa penat dengan rutinitas pekerjaan. Saat waktu libur tiba apa yang anda
Tips Perjalanan Untuk Muslim Travelers. Liburan merupakan hari yang ditunggu-tunggu bagi kebanyakan orang, karena di waktu inilah kita dapat meluangkan waktu sejenak untuk melupakan segala rutinitas dan kepenatan dari rutinitas setiap
Alamat
087834449043
gumun.id@gmail.com
Kotagede, Yogyakarta
@2020 Gumun Store Inc.